Cara Merawat Seekor Ayam Aduan

By | November 10, 2018

Terdapat banyak sekali jenis ayam yang kerap dibudidayakan sekarang ini. Mulai dari memelihara seekor ayam petelur sampai seekor ayam aduan atau petarung. Ayam petarung disini adalah seekor ayam khusus yang jauh lebih tangguh jika dibanding ayam-ayam lain.

Jenis ayam petarung disini memang dengan sengaja dilatih dan dirawat dengan tujuan untuk dipertarungkan. Sebenarnya, tidak sulit untuk memelihara seekor ayam petarung. Akan tetapi, paling tidak Anda harus memiliki dasar-dasar tentang bagaimana cara merawat ayam petarung sejak kecil.

Ayam petarung yang masih berusia muda adalah seekor ayam yang menetas sampai usia 10 bulan. Tentu saja Anda membutuhkan sedikit panduan tentang bagaimana cara memelihara ayam petarung tersebut. Sehingga ketika dewasa, ayam petarung itu mampu mengalahkan seluruh lawan yang dihadapinya.

Pelajari Bagaimana Merawat Ayam Aduan Sejak Kecil

Umumnya, terdapat sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik dari ayam petarung itu. Terutama ketika ayam petarung masih berusia muda. Ayam-ayam petarung dewasa akan dapat berkembang baik jika dilatih dengan benar. Tentu saja latihan disini harus dilakukan sejak usia dini.

Cara Merawat Seekor Ayam Aduan

Ayam petarung tidak akan bisa tumbuh secara maksimal ketika salah merawat. Bahkan ayam petarung tersebut akan rusak. Kesempatan ayam tersebut untuk meraih banyak kemenangan pun semakin kecil.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara tentang bagaimana merawat ayam petarung mulai dari kecil hingga tumbuh dewasa.

  • Perawatan Awal

Indukan dari ayam umumnya memerlukan waktu 21 hari untuk mengerami telur. Ketika ayam menetas, maka hal itu sudah dihitung umur 1 hari. Saat usia ini, alangkah baiknya Anda menaruh anak ayam pada wadah dengan lampu penghangat.

  • Perawatan Usia Ayam 1 Bulan

Saat mulai tumbuh dan berkembang, kotak pun akan sempit. Anda harus memindahkan anakan ayam petarung ke dalam wadah yang lebih besar. Untuk makanan, Anda dapat memberikan konsentrat atau poor dengan ukuran kecil. Upayakan Anda selalu membersihkan kandang ayam. Sebab seekor anak ayam petarung akan gampang sakit ketika ada di tempat kotor. Pakai beberapa vitamin dan obat pertumbuhan. Sehingga anakan ayam petarung dapat tumbuh berkembang dan sehat.

  • Perawatan Usia Ayam 3 Bulan

Anda dapat memberi konsentrat biasa / lebih besar saat anakan ayam petarung telah berusia 3 bulan. Anda bisa juga memberikan pakan berupa beras, dedak ataupun jagung. Umumnya, ayam akan mulai berusaha untuk bertarung. Tujuannya adalah mencari daerah kekuasaan dan ingin menjadi sosok pemimpin dalam kelompoknya.

  • Perawatan Usia Ayam 6 Bulan

Alangkah baiknya jika ayam yang sudah bisa bertarung dipisahkan. Anda dapat melakukan pengumbaran saat ayam telah berusia 3 – 6 bulan. Supaya otot ayam tersebut tidak kaku dan tumbuh dengan sehat. Selain itu, pertumbuhan tulang ayam juga jauh lebih maksimal. Biarkan ayam tersebut “kipu” atau mandi di tanah.

  • Perawatan Lebih Dari 6 Bulan

Saat ayam petarung menginjak usia lebih dari 6 bulan. Maka Anda sudah dapat mengombinasikan sejumlah makanan. Tujuannya adalah supaya kebutuhan gizi dan vitamin ayam petarung terpenuhi. Dengan begitu, ayam akan memiliki tubuh lebih ideal.

  • Perawatan Sampai Dengan 10 Bulan

Periode ini adalah dimana ayam mulai memperlihatkan kekuatan otot ataupun tulang. Periode ini juga waktu seekor ayam petarung mulai tumbuh bulu atau nyulam.

  • Memandikan Ayam

Terakhir adalah cara untuk memandikan ayam. Sebaiknya, mandikan ayam petarung dalam kondisi suhu air normal. Tidak hujan dan waktu pagi hari atau ketika sekitar pukul 08.00 WIB.

Demikianlah tentang bagaimana cara merawat seekor ayam aduan sejak kecil. Sehingga ayam tersebut bisa tumbuh dan tangguh ketika di adu.